Berita Acara – Pertemuan I (Customer Journey Canvas)

Berita Acara – Pertemuan I (Customer Journey Canvas)

Inkubator Bisnis dan Teknologi mengadakan pertemuan pertama dengan para Pra-Tenant dan Peserta MBKM Kewirausahaan. Pada pertemuan pertama ini, Inkubator Bisnis dan Teknologi menyampaikan mengenai materi dari Modul Customer Journey Canvas yang nantinya akan dikerjakan dan dianalisis oleh Pra-Tenant dan Peserta MBKM Kewirausahaan ke ide usaha mereka. Peta Perjalanan Pelanggan (Customer Journey Canvas) merupakan gambaran tentang keseluruhan bagaimana pelanggan berinteraksi dengan produk (barang atau jasa) yang ditawarkan oleh perusahaan.

Pada penyampaian materi dikatakan bahwa ada 8 langkah untuk mengerjakan Customer Journey Canvas yaitu :

  • Mencari ruangan yang nyaman (peserta akan mengerjakan dalam waktu kurang lebih selama 45 menit diusahakan waktu kosong tanpa gangguan);
  • Menentukan untuk pelanggan mana peta perjalanan itu dibuat;
  • Mulai memetakan perjalanan pelanggan (melakukan mapping customer journey), di atas Lembar Kerja yang telah diberikan. Proses pemetaan dengan cara mengidentifikasi Persona, Touch Point, Mood, Timeline & Stages, dan Customer Needs.
  • Menantang asumsi yang sudah dibuat dengan cara co-creation dengan pelanggan;
  • Memanfaatkan fasilitas di internet mengenai produk serupa (melihat ulasan);
  • Menjadi pelanggan di usaha sendiri (untuk mengetahui apa yang masih harus diperbaiki);
  • Menjadi tuan rumah yang baik agar pelanggan dapat memberitahu apa yang dirasakan secara sukarela;
  • Melakukan pengecekan kembali terhadap customer journey yang telah dibuat dan memperbaiki yang masih belum lengkap.

Tentang Artikel

Mar 11, 2022

Berita Terkini