![]() | ![]() |
PROGRAM PELATIHAN ATAU KURSUS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS TENAGA KEPENDIDIKAN UNPAR.
Dalam rangka meningkatkan kualifikasi sumber daya manusia khususnya peningkatan kemampuan berbahasa Inggris di lingkungan Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), Lembaga Pengembangan Institusi dan Inovasi, Divisi Layanan Professional (LaPro LPII) bekerjasama dengan Biro Pengembangan Modal Insani (BPMI) menyelenggarakan Program Peningkatan Kemampuan Bahasa lnggris bagi Tenaga Kependidikan (Tendik) tetap di lingkungan UNPAR.
Program pelatihan atau yang lebih dikenal dengan POE Course for Tendik ini dilakukan melalui platform Pearson Online English (POE).
POE Course for Tendik UNPAR batch ke-1, dibuka untuk Tendik UNPAR dengan level Pra-A1 dan A1, LaPro LPII mengemas program belajar melalui ide.unpar.ac.id dengan system pembelajaran mandiri/self study yang dilengkapi dengan rencana pembelajaran setiap minggu, serta pertemuan tatap muka di sesi mentoring dan sesi interaksi yang intensif. Peserta kursus dipandu secara sistematis dan dipantau secara berkala terkait pencapaian pembelajaran mandiri yang mereka lakukan.
Batch ke-1 telah berjalan sejak Maret 2022 untuk para Tendik UNPAR yang sebelumnya telah melakukan Versant English Placement Test. Versant English Placement Test untuk seluruh Tendik UNPAR mencakup 4 kemampuan berbahasa Inggris, yang meliputi: kemampuan mendengarkan (listening), kemampuan membaca (reading), kemampuan berbicara (speaking) dan kemampuan menulis (writing).
Standar Kemampuan Bahasa Inggris per-level yang bersifat umum, yang ada di masing-masing level dari Versant Placement Test adalah:
Jenis User | Level | Standar Kemampuan |
---|---|---|
Proficient User / Pengguna Ahli | C2 | Dapat memahami dengan mudah hampir semua yang didengar atau dibaca. Dapat meringkas informasi dari berbagai sumber lisan dan tertulis, merekonstruksi argumen dan cerita dalam presentasi yang koheren. Dapat mengekspresikan dirinya secara spontan, sangat lancar dan tepat, membedakan nuansa makna yang lebih halus bahkan dalam situasi yang lebih kompleks |
C1 | Dapat memahami berbagai tuntutan, teks yang lebih panjang, dan mengenali makna tersirat. Dapat mengekspresikan dirinya dengan lancar dan spontan tanpa banyak mencari ekspresi yang jelas. Dapat menggunakan bahasa secara fleksibel dan efektif untuk tujuan sosial, akademik dan profesional. Dapat menghasilkan teks yang jelas, terstruktur dengan baik, dan terperinci tentang subjek yang kompleks, menunjukkan penggunaan pola organisasi, konektor, dan perangkat kohesif yang terkontrol. | |
Independent User / Pengguna Independen | B2 | Dapat memahami gagasan utama teks kompleks pada topik konkret dan abstrak, termasuk diskusi teknis di bidang spesialisasinya. Dapat berinteraksi dengan tingkat kefasihan dan spontanitas yang memungkinkan interaksi reguler dengan penutur asli tanpa ketegangan bagi salah satu pihak. Dapat menghasilkan teks yang jelas dan rinci tentang berbagai mata pelajaran dan menjelaskan sudut pandang tentang masalah topikal memberikan keuntungan dan kerugian dari berbagai pilihan. |
B1 | Dapat memahami poin-poin utama dari masukan standar yang jelas tentang hal-hal yang biasa ditemui di tempat kerja, sekolah, waktu luang, dll. Dapat menangani sebagian besar situasi yang mungkin muncul saat bepergian di daerah di mana bahasa tersebut digunakan. Dapat menghasilkan teks terhubung sederhana tentang topik yang akrab atau minat pribadi. Dapat menggambarkan pengalaman dan peristiwa, mimpi, harapan & ambisi serta secara singkat memberikan alasan dan penjelasan atas pendapat dan rencana. | |
Basic User / Pengguna Dasar | A2 | Dapat memahami kalimat dan ekspresi yang sering digunakan terkait dengan bidang yang paling relevan (misalnya informasi pribadi dan keluarga yang sangat mendasar, belanja, geografi lokal, pekerjaan). Dapat berkomunikasi dalam tugas-tugas sederhana dan rutin yang membutuhkan pertukaran informasi yang sederhana dan langsung tentang hal-hal yang biasa dan rutin. Dapat menjelaskan secara sederhana aspek-aspek latar belakangnya, lingkungan terdekatnya dan hal-hal di bidang yang sangat membutuhkan. |
A1 | Dapat memahami dan menggunakan ungkapan sehari-hari yang akrab dan frasa yang sangat mendasar yang ditujukan untuk kepuasan kebutuhan tipe konkret. Dapat memperkenalkan dirinya dan orang lain serta dapat bertanya dan menjawab pertanyaan tentang detail pribadi seperti di mana dia tinggal, orang yang dia kenal dan hal-hal yang dia miliki. Dapat berinteraksi dengan cara yang sederhana asalkan lawan bicara berbicara perlahan dan jelas dan siap membantu. |
Kenaikan level pelatihan atau kursus dapat merujuk pada jumlah jam belajar yang dapat mempengaruhi peningkatan kemampuan seperti tertera pada tabel berikut ini:
Tingkat Kemampuan Bahasa Inggris | Jumlah jam belajar minimum untuk naik ke tingkat selaniutnya |
---|---|
Pra-A1 ke A1 | 40 (empat puluh) jam |
A1 ke A2 | 80 (delapan puluh) jam |
A2 ke B1 | 80 [delapan puluh) jam |
Setelah batch pertama dijalankan, batch ke-2 untuk pelatihan Bahasa Inggris akan disiapkan bagi Tendik UNPAR yang ada di level A1 dan A2, dan/atau disesuaikan dengan permintaan/kebutuhan unit. Batch ke-2 direncanakan mulai berjalan di Bulan Oktober 2022 dengan agenda sebagai berikut:
Agenda | Tanggal |
---|---|
Sosialisasi POE Course for Tendik batch ke-2 | 27 September 2022 |
Kick-off Meeting dan VPA 1 batch ke-2 | 3 Oktober 2022 |
Periode Course batch ke-2 | 3 Oktober – 3 April 2023 |